Sabtu, 24 November 2012

Hidup Sehat Tanpa Rokok


Hidup Sehat Tanpa Rokok

11-02-2012 diposkan oleh melindacare

Hidup Sehat Tanpa Rokok
    Hidup sehat tanpa rokok sepertinya perlu disadari betul pentingnya oleh para perokok. Sehat tidak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga untuk keluarga dan lingkungan sekitarnya. Rokok saat ini sudah menjadi permasalahan cukup serius yang dihadapi oleh dunia.

    World Health Organization (WHO) mencatat rokok telah membunuh lebih dari 5 juta jiwa per tahunnya. Tidak hanya itu, dalam catatan WHO pun disebutkan, setiap enam detik satu orang meninggal akibat penyakit yang disebabkan oleh rokok.

    Kebiasaan merokok sangat tidak baik untuk kesehatan. Perokok aktif biasanya akan mengalami gangguan pada pernafasannya dan penyakit pernafasan ini bisa mengancam jiwa perokok. Penyakit tersebut diantaranya mulai dari ISPA hingga kanker paru-paru.

    Rokok memiliki kandungan lebih dari 4.000 zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan. Bagi perokok, dampak rokok pada mereka memang sudah jelas ada. Tapi ternyata mereka yang menghirup asap rokok secara terus menerus pun akan terkena dampak yang tidak jauh beda dengan mereka yang perokok.

    Beberapa penyakit yang disebabkan oleh rokok diantaranya adalah kerusakan pada gigi dan gusi, sulit konsentrasi, gangguan pernafasan, stroke, terganggunya fungsi seksual, keguguran, bayi lahir cacat, jantung, gangguan fungsi ginjal, kanker hingga kematian.

    Sayangilah diri Anda dan keluarga mulai dari sekarang. Jika Anda perokok aktif, mulailah untuk mengurangi intensitas merokok Anda secara bertahap sampai akhirnya Anda berhenti merokok. Tanamkan hidup sehat mulai dari sekarang dan cobalah berkomitmen untuk hidupsehat tanpa rokok.

Memang tidak mudah untuk memulainya. Tapi dengan tetap berusaha dan membiasakan diri dengan pola hidup sehat, lama-lama Anda pun akan terbiasa. Untuk memulainya, cobalah untuk beristirahat cukup dengan tidur malam selama delapan jam per hari.

Selain itu, Anda juga harus membiasakan minum air putih sebanyak delapan gelas per hari, lakukan pula olahraga secara teratur, makan makanan bergizi seimbang, hindari minuman beralkohol, narkoba, dan tentu saja rokok.

Untuk bisa berhenti rokok secara total memang tidak mudah. Anda pun harus memiliki komitmen yang kuat untuk melakukannya. Ajaklah keluarga Anda untuk turut membantu keinginan Anda tersebut. Jika keinginan untuk merokok datang, Anda bisa menggantinya dengan menghisap permen atau makan permen karet.

Sebenarnya tidak sulit untuk memulai hidup sehat tanpa rokok jika Anda sudah memiliki keinginan kuat untuk memulainya. Hiduplah dengan sehat mulai dari sekarang. Cintailah kesehatan diri Anda dan keluarga. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar